Yuden Japan

Selasa, 07 Februari 2012

Akhirnya nampak juga bunganya…. ( Buah Naga )

Di depan rumah saya ada dua buah pohon buah naga. Bibitnya saya bawa dari Singaraja Bali sekitar bulan april 2010 lalu. Awalnya saya hanya iseng saja karena tertarik melihat perkebunan buah Naga milik teman ( baca : Bli Kadek ) di Bali. Kemudian saya bawa sekitar 10 batang pohon buah naga warna merah & putih yang saya tanam di sekitar pekarangan rumah.





Namun, karena ketidaktahuan & minimnya pengetahuan saya tentang tanaman buah naga, maka sebagian besar batang buah naga yang saya tanam 80% mati karena busuk batangnya. Apalagi di daerah saya termasuk dataran tinggi dengan curah hujan yang cukup tinggi. Akhirnya, tinggal 2 batang yang masih hidup sampai sekarang. Setelah search di google (http://www.denidi.com/ ), akhirnya saya tahu bahwa pohon buah naga membutuhkan banyak sinar matahari langsung dan tidak tahan dengan air yang menggenang. Sehingga di sekitar pohon buah naga yang saya tanam, saya beri kerikil & bebatuan agar saat hujan air tidak menggenang.


foto ketika pohon buah naga saya beri buah naga ( pura-pura udah berbuah, hehe… )


Setelah setahun lebih, akhirnya pohon buah naga depan rumah saya berbunga. Dan berikut gambar ketika pohon buah naga depan rumah saya terdapat kuncup bunga





Setelah hampir 2 minggu, kuncup semakin membesar. Dan menurut informasi yang say abaca, akan membutuhkan waktu ± 40 hari untuk menjadi buah. waduuhhh…. Lama banget yach……






Kini calon bunga buah naga sudah besar dan tinggal menunggu waktu untuk mekar yang biasanya mekar sempurna pada malam hari. Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2 hari lagi agar bunga bisa mekar





Dan berikut gambar bunga buah naga depan rumah saya yang telah mekar sempurna.








Setelah bunga mekar sempurna seperti di atas, proses selanjutnya adalah penyerbukan yang bisa dilakukan oleh agen penyerbuk ( serangga, kupu-kupu, lebah , dll ) . Namun karena di sekitar pohon buah naga saya tak ada bunga atau tanaman yang bisa menarik agen penyerbuk maka saya harus menggunakan penyerbukan manual. Untuk proses penyerbukan insyaAllah akan saya tulis selanjutnya.



*Yuden_Japan*

1 komentar:

Unknown mengatakan...

punya saya juga mulai berbunga

Posting Komentar