Yuden Japan

Rabu, 29 Februari 2012

Sebuah Sejarah di Manisrenggo ( Serangan Umum 1 Maret 1949 )

Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara secara besar-besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat berdasarkan instruksi dari Panglima Besar Sudirman, untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI - berarti juga Republik Indonesia - masih ada dan cukup kuat, sehingga dengan demikian dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukan Belanda serta membuktikan pada dunia internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan. Soeharto pada waktu itu sebagai komandan brigade X/Wehrkreis III turut serta sebagai pelaksana lapangan di wilayah Yogyakarta.







Mungkin tak banyak yang tahu diantara kita bahwa di Manisrenggo pernah menjadi Markas Besar Komando Devisi ( MBKD ).

Hampir setiap tahun, pemerintah kabupaten klaten mengadakan Long March untuk siswa SMP dan SMA/K sejauh 28 km yang diwakili oleh beberapa siswa dari hampir semua sekolah di kab Klaten. Biasanya Long March start dari MBKD yang terletak di Desa Manisrenggo dan Finish di GOR Klaten. Dimulai pada pukul 06.00 wib dan berakhir sekitar pukul 14.00 wib.

Saya pun menyempatkan diri untuk melihat tugu/Monumen MBKD yang terletak di Desa Manisrenggo. Dan jarak yang saya tempuh dari rumah sekitar 30 km.



Berikut ini tugu peringatan perang ini dibangun untuk memperingati serangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan NKRI dalam Serangan Umum 1 Maret 1949.






^Yuden Japan^

0 komentar:

Posting Komentar