Yuden Japan

Sabtu, 17 Desember 2011

Menikmati sejengkal wisata Jawa Timur

Piknik kantor kali ini diadakan ke Jawa Timur dengan tujuan Perkebunan Apel,Jatim Park 1, Taman Safari Prigen & Jembatan Suromadu. Rombongan berangkat dari klaten/kantor jam 19.30 dengan dua buah bus. Diperkirakan sampai di Batu tempat wisata pertama sekitar jam 04.00 pagi.

Setelah 8 jam perjalanan, kami tiba di hotel Kartika Raya Batu sekitar jam 03.00 wib. Lebih awal satu jam dari perkiraan. Di Hotel ini kami hanya transit untuk mandi & istirahat sebentar sebelum melakukan wisata. Sayangnya, hotel ini masih kurang bersih untuk kamar mandinya. Air panas yang tersedia juga tidak bisa digunakan untuk semua kamar.

Selesai sarapan pagi di hotel, sekitar jam 07.00 pagi kami meninggalkan hotel untuk menuju tempat wisata pertama yaitu perkebunan apel yang terletak di sebelah wisata Selecta. Sebelum menuju ke kebun Apel, beberapa dari kami menyempatkan diri untuk berfoto ria dengan pemandangan alam yang indah di sekitar Selecta

Perkebunan apel ini terletak di bidang tanah yang miring dan berbukit. Jenis apel yang ditanam disini adalah apel manalagi dan asam manis. Cara membedakanya dari warna buah apelnya. Untuk Buah apel manalagi kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan rasa buah manis, sedangkan untuk yang asam manis buah berwarna kemerahan dan tentunya dengan rasa asam manis. Apel-apel disini semua telah siap panen jadi semua bisa dipetik,tentunya dengan ukuran yang agak besar.
Kami boleh makan buah apel sepuasnya di kebun ini GRATIS alias gak bayar..Tapi kalau dibawa pulang harus bayar Rp.10.000,-/kg. Selesai berpose ria di pohon apel, kami pun siap naik ke atas buat petik apel...Serasa di kebun sendiri aja..Hehe..

Satu jam di kebun apel tak membuat bosan, namun karena harus melanjutkan ke tempat wisata selanjutnya, kami segera meninggalkan Kebun Apel dan menuju ke Jatim Park 1. Perjalanan kami tempuh ± satu jam. Di jatim park 1 pengunjung harus memakai gelang tangan agar bisa masuk Jatim Park & menikmati wahana permainan dengan gratis.
Jatim Park merupakan tempat wisata untuk Edukasi & kreasi, sehingga banyak wahana di tempat ini. Diantarnya, role coaster, tornado, drop zone, rumah hantu, bioskop 3D,taman bermain anak, dll.

Setengah dua belas kami meninggalkan jatim park menuju pusat oleh-oleh khas Malang yang terbuat dari Telo ungu. Karena rombongan yang perempuan hanya 6 orang saja, jadi kami tidak lama berhenti disini. Dan beberapa oleh-oleh yang kami bawa pulang selain Apel yang kami petik langsung dari di perkebunan antara lain keripik buah (apel,buah naga,nangka,salak,mangga,nanas ),keripik telo ungu, sari Apel,bakpia telo ungu,dll.

Selesai belanja, kami melanjutkan perjalanan ke Taman Safari Prigen. Perjalanan menuju prigen kali ini sangat seru. Jalan mendaki dengan kemiringan yang curam membuat bus harus berjalan sangat lambat. Kami pun bisa melihat pemandangan sekeliling dengan rumah dan kebun penduduk yang sebagian besar ditanami rambutan, alpukat, nangka,dll

Memasuki gerbang wisata Prigen, kami tidak turun dari Bus,karena untuk masuk kawasan wisata prigen kami harus menggunakan bus. Setelah memasuki kawasan binatang,agak ngeri juga. Karena banyak pohon-pohon besar dan saat itu mendung banget. Jam baru menunjukkan pukul satu,tapi begitu memasuki hutan serasa jam enam sore.. Tak banyak binatang yang keluar saat itu, hanya aa gajah, buaya, harimau, singa, badak, orang utan dan kijang aja..Standart kebun binatang lainnya.
Karena saat itu jam makan siang binatang,jadi ada petugas dari Taman Safari Prigen yang memandu bus kami, sebab saat lapar seperti itu binatang lebih buas dan sensitif.Akhirnya kami hanya melihat binatang tanpa bus berhenti...

45 menit mengelilingi prigen kami langsung menuju Madura. Perjalanan dari Malang ke Madura di tempuh kurang lebih dua setengah jam. Sepanjang perjalanan tak ada hal menarik yang bisa diceritakan selain pemandangan jalanan pada umumnya. Namun, setelah sampai di Sidoarjo tepatnya di LUMPUR LAPINDO BRANTAS bus berjalan pelan & kami sempat mengambil gambar tanggul penahan lumpur yang tingginya lebih dari 15 meter..

Sekitar pukul 16.30 kami sudah memasuki tol untuk melewati Jembatan Suramadu menuju pulau Madura. Panjang jembatan Suramadu ± 5.75 km di atas laut yang menghubungkan pulau Jawa dengan Pulau Madura. Sayangnya, di jembatan Suramadu kendaraan tidak boleh berhenti, meskipun hanya untuk berfoto karena memang dilarang oleh Polantas yang sering patroli di sepanjang jembatan.

Di madura kami menuju RM Ole Olang yang terletak di Bangkalan sekitar 5 km dari jembatan Suramadu. Meski ke pulau Madura hanya sekedar makan,tapi tak apalah,..Setidaknya bisa menginjakkan kaki di Pulau Madura.
Setelah mandi, makan dan istirahat sebentar,kami pun melanjutkan perjalanan untuk pulang ke klaten. Sebelum memasuki Jembatan Suramadu kami berhenti di beberapa penjual oleh-oleh khas madura yang berada di sepanjang jalan sebelum jembatan. Dan oleh-oleh dari madura kali ini adalah kaos batik madura dengan gambar jembatan Suramadu. Sebenarnya masih banyak oleh-oleh yang bisa dibeli dari madura, diantaranya baju batik khas Madura, sarung madura,clurit madura, emping,dll. Sedangkan untuk harga kaos Madura Rp. 25.000,- ukuran dewasa dan Rp. 20.000,- baju setelan celana ukuran anak-anak.

Setelah 30 menit berhenti kami melanjutkan perjalanan memasuki jembatan suramadu dengan nuansa berbeda... Keindahan lampu di sepanjang jembatan,beberapa lampu perahu nelayan di laut yang berada di bawah jembatan dan lampu-lampu kota surabaya mewarnai perjalanan pulang kami .

Ya Allah... Terima kasih untuk hari yang indah....