Yuden Japan

Sabtu, 10 Maret 2012

About Randulanang….

Randulanang, adalah salah satu nama desa yang berlokasi di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Benua Asia Tenggara, Planet Bumi ( Lebaaaaaaaaaaaaaayyyy…… )

Tak ada yang menarik dari sebuah desa yang menjadi perbatasan antara Kecamatan Jatinom dengan Kecamatan Karangnongko tersebut. Namun, bagi yang tahu bahasa jawa akan sedikit bertanya tentang nama “Randulanang” tersebut.


Randulanang berasal dari bahasa jawa diantaranya kata RANDU=Pohon randu/kapuk sedangkan LANANG=Laki-laki/Pria. Sehingga kalau digabungkan RANDULANANG=Pohon randu laki-laki. 

Saya memang tak begitu paham kenapa desa tersebut diberi nama Randulanang, namun satu hal yang saya tahu bahwa di tengah desa tersebut terdapat sebuah pohon randu besar yang telah berumur ratusan tahun dan menjadi maskot’e penduduk sekitar.






Pohon Randu tersebut memang  tak ada istimewanya selain batangnya yang besar. Namun jika diperhatikan lebih seksama, ada yang menarik dari Pohon Randu tersebut..




Apakah sudah tahu alasannya kenapa desa tersebut diberi nama Randulanang???

Yuupppsss…. Di Pohon Randu tersebut terdapat sebuah Batang/dahan yang bentuknya mirip alat kelamin pria dan itu bukan hasil kreasi manusia alias ALAMI/ASLI/ORIGINAL & CIPTAAN TUHAN. Heehehhe..

Sedangkan pada bagian depan pohon Randu ada semacam ruang diantara batang  besar yang digunakan sebagian penduduk untuk meletakkan sesajen(1) pada acara tertentu.








Selain menjadi MASKOTnya penduduk desa setempat, di sekitar pohon Randu tersebut juga sering menjadi tempat untuk tirakatan(2) yang biasa dilakukan pada awal dan akhir bulan Muharam. Penduduk setempat biasa menyebutnya dengan SURAN/malam 1 suro dan penutupan suro.

Pada acara Suran tersebut terdapat karawitan(3) dan lek-lekan(4) oleh penduduk setempat. Dan ada semacam sesajen sebagai wujud syukur penduduk sekitar kepada Tuhan atas berkah yang diterima dan memohon keselamatan untuk penduduk desa setempat untuk hari mendatang.


Inilah sedikit sejarah tentang desa Randulanang yang saya ketahui..
Semoga, pohon Randu tersebut akan selalu terjaga dan terawat sehingga anak cucu kita nanti bisa melihat dan mengerti asal mula nama Randulanang..



1. Sesajen                    Terdiri dari daging ayam utuh,nasi buah-buahan
dan kembang setaman ( Bunga mawar,kenanga
,kemenyan,dll )

2. Tirakatan                  Berkumpulnya penduduk untuk acara tertentu

3. Karawitan                Pertunjukan memainkan gamelan ( alat musik jawa )
                                     Bersama sinden/waranggono ( Penyanyi jawa )

4. Lek-lekan                 Bergadang semalam suntuk


*Yuden_Japan*








 


0 komentar:

Posting Komentar