Yuden Japan

Sabtu, 10 Maret 2012

Akhirnya nampak juga buahnya…. ( Buah Naga )

Seperti janji saya pada postingan yang lalu (Klik Disini). Bahwa saya akan mempostingkan tentang proses penyerbukan dari bunga buah naga menjadi buah naga.
Pada penyerbukan pada bunga buah naga tersebut saya melakukan secara manual. Yakni dengan bantuan manusia. Saya mengoleskan/mempertemukan benang sari pada pada kepala putik.




Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan penyerbukan manual:

1. Waktu terbaik untuk melakukan penyerbukan adalah ketika mahkota bunga sudah mekar sempurna Biasanya pada Malam hari.

2. Ketika mengoleskan serbuk sari pada putik, jangan sampai tangkai putik patah akibat gerakan yang terlalu keras. Karena akan menyebabkan gagalnya penyerbukan.

3. Apabila melakukan penyerbukan dengan tangan hindari tangan yang basah karena air/berkeringat


4. Untuk menghindari kegagalan penyerbukan sebaiknya bunga dibungkus menggunakan plastik untuk menghindari terkena air hujan



Dan setelah hampir 2 minggu dari proses penyerbukan yang saya lakukan, kini buah bunga buah naga di depan rumah saya terlihat buahnya.



Berikut ini foto buah naga yang sudah matang dan siap di petik




Dan ini foto ketika salah satu dari buah naga depan rumah yang sudah dipetik.  




Dan buah naga ini berwarna merah. Awalnya saya mengira buahnya berwarna putih karena batangnya yang berwarna hijau terang. Berbeda dengan warna batang pohon buah naga yang satunya. 

Akhirnya,, bisa menikmati Buah Naga hasil tanam sendiri…


*Yuden_japan*

0 komentar:

Posting Komentar