Yuden Japan

Kamis, 15 Maret 2012

Pengalokasian Pendapatan Tetap



Pengalokasian pendapatan tersebut hanya versi saya yang teramat sangat sederhana. Bila  dibandingkan dengan versi pakar perencana keuangan maupun Konsultant keuangan lainnya mungkin itu bukan pengalokasian dana yang tepat. Namun pengalokasian pendapatan tersebut bisa diterapkan bagi yang masih lajang dan belum mempunyai tanggungan.



Dalam hal ini saya lebih senang menyebutnya dengan Pengalokasian pendapatan ( Pendapatan tetap ). Sedangkan rincian tersebut tidak berlaku untuk pendapatan lain-lain atau pendapatan tambahan. Sehingga ketika mendapatkan pendapatan tambahan ( THR, bonus, dll ) akan ada pengalokasian yang berbeda. Kecuali kalau pendapatan tambahan dari kerja sampingan yang memang dialokasikan untuk untuk mensuplay kekurangan dana dalam pengeluaran bulanan. ( menutup kelebihan biaya ).
Dalam membuat pengalokasian pendapatan tersebut saya hanya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

Anggaran Rutin dan Khusus
Saya membagi pengeluaran tiap bulan menjadi 2 bagian, yaitu
Anggaran khusus adalah pengeluaran yang direncanakan untuk kebutuhan khusus atau tujuan tertentu,
Contoh : Liburan luar kota, Pajak kendaraan, perpanjangan SIM, Menikah, Melanjutkan kuliah, dll

Anggaran ini tidak harus untuk rencana per tahun, melainkan bisa disisihkan selama beberapa tahun ( ketika dana sudah mencukupi ).
Sedangkan anggaran rutin adalah anggaran untuk kebutuhan yang besarnya hampir sama setiap bulannya.
Contoh : Belanja kebutuhan rutin, setoran inventasi,dll

Tentukan Prioritas
Dari pengalokasian pendapatan tersebut maka kita tinggal mengelola dari pos kebutuhan pribadi saja. Pengelolaannya dengan membuat prioritas kebutuhan yang benar-benar pokok, kebutuhan sekunder dan tersier (mewah). Tujuannya agar pengeluaran benar-benar untuk memenuhi kebutuhan bukan sekedar keinginan
Contoh : Biaya transportasi, Uang makan, pulsa, dll

Patuhi yang Sudah Dibuat
Setelah seluruh pengalokasian selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah do what you write and write what you do . Lakukan sesuai apa yang telah direncanakankan tersebut. Tuliskan setiap langkah yang akan diambil, untuk mengevaluasi apakah tindakan kita sudah sesuai dengan rencana dan pengalokasian pendapatan.

*Yuden_Japan*

0 komentar:

Posting Komentar