Yuden Japan

Kamis, 01 Maret 2012

My flashback : Medan….. Horas Bah.!!!

Medan, sebuah kota yang terletak di ujung Pulau Sumatra dan menjadi kota pertama yang saya jadikan tempat tinggal setelah Klaten.
Berawal ketika saya diterima bekerja di sebuah perusahaan swasta dan saya pun harus ditempatkan di Medan. Saat itu saya langsung mengIYAkan tanpa harus mempertimbangkan bagaimana dengan keluarga saya. Alhamdulillah, keluarga mendukung dan mengijinkan saya untuk hijrah ke Medan.

Saya berangkat bersama dua orang teman yang sama-sama di tempatkan di Sumatra. Ika Kusumaningrum di Jambi dan Erni Setyaningsih di Padang Sidempuan. Sebenarnya ada lagi seorang teman yang di tempatkan di Pematang Siantar. Namun Dia memilih mengundurkan diri.
Kami berangkat naik Bus ALS jurusan Jogja-Medan dengan lama perjalanan ± 4 hari 3 malam.

*****



Pertama kali tinggal di Medan Saya merasakan udara yang sangat panas, bahkan selama seminggu pertama di Medan saya selalu mimisan. Setelah diperiksan ke Dokter ternyata itu hal biasa karena penyesuaian udara yang ekstrim. Saya terbiasa di Klaten dengan udaranya sejuk bahkan dingin,. Sedangkan di Medan Panasnya minta ampun…

Di Medan saya tinggal bersama mbak Dewi, Mas Sugeng dan Pak Erwin di sebuah rumah yang terletak di Jln. Sei Selayang, Medan Baru. Sedangkan kami bekerja di Jalan Sei Asahan No. 11 Medan Baru. Hanya 3 km dari tempat tinggal kami. Biasanya saya dan mbak Dewi berangkat/pulang kerja dengan jalan kaki.

Setiap hari minggu biasanya ada teman kami Bu Eni berserta suami dan 2 orang anaknya datang dari Deli Serdang. Kami selalu belajar memasak bersama Bu Eni atau hanya sekedar jalan-jalan di Kota Medan.

Selama di Medan saya tidak dapat bermain2 ke tenpat wisata. Selain padatnya pekerjaan, tidak ada hari libur selain hari minggu juga karena terbatasnya waktu saya untuk tinggal di Medan yang hanya 3 Bulan saja. Namun saya sangat senang karena di sana saya punya keluarga dan teman yang sangat baik.
Tempat-tempat yang saya datangi selama di Medan antara lain, Lapangan Merdeka, Belawan, Brastagi, Pajak Ikan Lama, Masjid Agung, dll..

Hal Yang saya Suka dari Medan :
1.Bika Ambonnya
Kenapa diberi nama Bika Ambon sih…?? Mendingan Bika Medan aja..



2.Teri Nasi
Paling suka digoreng trus dimakan pakai nasi hangat..Ehmm, Yummmmy…



3.Rambutan Binjai & Jeruk Brastagi



Manis-manis banget.. Kalau ke Pajak Petisah pasti jadi agenda utama dalam list belanjaan. Hehe…



Hal Yang tidak saya suka dari Medan :

1.Puuuuuaaaaanasssnya..
Saya selama 3 bulan di Medan gak pernah tidur dengan kasur. Karena puanas bangett.. Sampai dimarahi Mbak Dewi & Bu Eni. Takut kalau saya sakit…
Tapi beneran ko….Panasnya itu loh…..


2.Lingkungan tempat saya tinggal ( Sebagian aja… Gak Semua kok…. )

a.Hampir tiap malam selalu mendengar tetangga sebelah rumah yang marah-marah sambil banting-banting barang.

b.Berangkat kerja selalu ada abang-abang bentor yang selalu iseng menawari jasanya meskipun sudah tahu kalau kami selalu jalan kaki untuk ke kantor.

c.Setiap berangkat/pulang kerja selalu lewat kandang B*bi milik warga yang ditaruh depan rumah dan bauuunya,,,,,Huuuffttt. Nyebelin banget tuh yang pelihara.

d.Hampir tiap ketemu orang Medan yang baru melihat saya pertama kali pasti saya selalu ditanya ”MARGA APA KAU??”

e.Kalau belanja di pajak selalu ada inang-iang pakai sarung dengan sirih di mulutnya dan bicaranya kadang keras & kasar.. ( Bahkan penduduk kebun binatang juga di sebut…. )


3.Makanannya
Saya kan Jawa tuleeeen asli.. ( Lebbbbbaaaayyy…. ) Jadi makanan saya yang ada manis-manisnya seperti Gudeg, Lodeh, dll. Tapi, selama di Medan tiap makan di warung kebanyakan pedassss semua.
Saya pernah diajak makan di keluarga Bos yang di Medan Johor. Makanannya semuaa serba Pedas.. Sayapun hanya makan nasi + ayam ( Saya pikir ayam goreng biasa ) ternyata eh ternyata…. Itu ayamnya digoreng bumbu puuuuuueeeedddasssss banget… Ehmm,,,

Itulah sekilas tentang Episode hidup saya selama 3 bulan di Medan….

Saya : Kalau diberi kesempatan tinggal di Medan lagi mau gak…??

Denok : Hehe… Kota lain aja deh,,,,

Saya : Kan “Wilba”mu orang Medan

Denok : Padaaang… Bukan Medan….!!!!!

Saya : Iya, padang… Tapi kan keluarganya di Medan… Gimana tuh…???

Denok : Gampang lah ntar, lagian “Wilba” juga tahu kalau Denok
gak suka tinggal di Medan

Saya : Kalau “Wilba”mu maksa/ngotot ngajak kamu tinggal di Medan gimana??

Denok : Emangnya kamu yang suka maksa….???
“Wilba” gak kayak kamu…
Udah deh, pokoknya aku gak mau tinggal di Medan. Boleh lah ke Medan
Tapi tidak lebih dari seminggu OK…..??


Mohon maaf untuk warga Medan yang mungkin postingan saya kali ini tidak berkenan ….
Tapi saya tetap bersyukur & senang bisa menjadi bagian kecil dari Medan meski hanya sebentar…



^Yuden Japan^

0 komentar:

Posting Komentar